Posted in Sekolah Kewirausahaan SMAN 71 Jakarta #2017

#Cerita Level 1 : Kisah Pembuka “Sekolah Kewirausahaan SMAN 71 tahun 2017”

IMG-20170820-WA0077Kisah ini dimulai sejak terpilihnya SMAN 71 sebagai penerima bantuan pemerintah untuk program kewirausahaan di SMA dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada pertengahan tahun 2017.

Program ini merupakan jawaban dari kegelisahan pemerintah terhadap fakta bahwa sampai saat ini sebagian lulusan SMA tidak melanjutkan ke pendidikan tinggi dan tidak memiliki keterampilan yang memadai dalam menghadapi tantangan hidup untuk terjun ke masyarakat. Hal ini antara lain disebabkan karena mereka tidak memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan berwirausaha.

Struktur kurikulum 2013 SMA memuat mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Dengan demikian SMA merupakan tempat yang strategis untuk mengembangkan bakat wirausaha yang mandiri dan berkepribadian. Pola pikir yang selama ini berorientasi menjadi pegawai/pencari kerja harus diubah berorientasi menjadi wirausahawan yang dapat menciptakan tenaga kerja. Melalui pendidikan kewirausahaan diharapkan peserta didik akan menjadi kreatif dan mandiri, serta mulai tergerak dan berani membuka usaha sendiri.

Setiap sekolah penerima Bantuan Pemerintah (BanTah) Kemendikbud RI tahun 2017 akan menerima dana sebesar Rp 100,000,000 yang harus dimanfaatkan dan dipertanggungjawabkan sesuai juknis yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Adapun tema yang diangkat oleh SMAN 71 sebagai salah satu sekolah penerima BanTah Program Sekolah Kewirausahaan Kemendikbud RI tahun 2017 adalah “Membangun Karakter Wirausaha Berbasis Keterampilan Abad 21 pada Siswa”.

Gambaran umum mengenai program Sekolah Kewirausahaan SMAN 71 Jakarta #2017 dapat dilihat pada slide berikut ini :

Hand Out Sosialisasi Sekolah Kewirausahaan SMAN 71 Jakarta, oke

Penyusunan program kegiatan ini dilakukan oleh tim panitia yang terdiri dari Kepala SMAN 71, Seluruh Wakasek dan Staf, Pegawai TU, Guru PKWU, Wali Kelas X, dan beberapa Guru yang mengampu mata pelajaran yang terintegrasi dengan program sekolah kewirausahaan.

Berikut beberapa dokumentasi kegiatan koordinasi panitia :

 

Action Plan Sekolah Kewirausahaan SMAN 71 dapat dilihat dibawah ini :

 

Di akhir kisah pembuka ini, kami ingin menitipkan sebuah pesan yang dikutip dari Eric Hoffer (25 Juli 1898 – 21 Mei 1983), seorang filsuf moral dan sosial Amerika. Beliau adalah penulis sepuluh buku dan dianugerahi Presidential Medal of Freedom pada bulan Februari 1983. Berikut pesannya :

“Tugas utama pendidikan adalah untuk menanamkan sebuah keinginan dan fasilitas untuk belajar ; bukan untuk menghasilkan orang-orang terpelajar melainkan orang-orang yang terus belajar. Peradaban sejati manusia adalah peradaban pembelajaran ketika kakek-nenek, orangtua, dan anak-anak sama-sama menjadi murid.”

Kami berharap, Program Sekolah Kewirausahaan SMAN 71 Jakarta tahun 2017 menjadi salah satu fasilitas yang akan menyalakan semangat banyak orang untuk cinta belajar sepanjang hayat. Sehingga, bukan hanya para siswa yang belajar melalui program ini, tapi juga para guru dan masyarakat, semoga dapat mengambil manfaatnya.

Sampai bertemu di postingan berikutnya ya..

quotes by eric hoffer.jpg

 

#sekolahkewirausahaan71 #jurnalkewirausahaan2017 #thenextentrepreneur

 

 

 

 

 

Advertisements

Author:

# Economic Teacher at SMAN 71 Jakarta, # Single Parent Mom with 4 children, # Interest in reading and crafting, # Owner of RaQueeFA_House Bookstore,

One thought on “#Cerita Level 1 : Kisah Pembuka “Sekolah Kewirausahaan SMAN 71 tahun 2017”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s