Posted in Stories of My Class

Miniatur Free Trade Area dalam Economic Display Competition 71’18

Era Perdagangan Bebas yang sudah di depan mata adalah tantangan tersendiri bagi Indonesia. Saya merasa perlu untuk mengangkat topik ini dalam pembelajaran Ekonomi di kelas XI. Terlebih, 2 Kompetensi Dasar yang harus dikuasai peserta didik di kelas XI akhir semester ini adalah tentang Kerjasama Internasional dan Perdagangan Internasional.

Menurut Saya, generasi Indonesia kini harus dibekali dengan ilmu dan strategi menghadapi pasar bebas serta dilatih untuk siap berkompetisi di pasar internasional secara fairplay dengan tetap memupuk kecintaan mereka pada bangsanya. Semangat berkolaborasi dengan sesama pengusaha Indonesia harus didengungkan, karena semangat kolaborasi ini lah yang menjadi modal penting dalam memenangkan persaingan pasar internasional.

Latar belakang ini menginspirasi saya untuk membuat Free Trade Project yang berlanjut dengan Economic Display Competition 71’18.

Intinya Setiap tim (1 team @3 orang peserta didik) dalam 1 kelas  diasumsikan sebagai perusahaan Indonesia yang sedang merencanakan produk yang mampu bersaing dalam persaingan pasar internasional.

Masing-masing tim harus merencanakan bisnis terbaik mereka yang berbasis 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Proses, Physical Evidence) demi bersaing di pasar internasional. Gambaran 7P dalam Marketing Mix adalah sebagai berikut :

marketing-mix-4-7ps-7-638 (1).jpg

Detail mengenai 7P bisa dilihat disini

Selanjutnya, setiap tim harus membuat persiapan presentasi produk dan poster produk yang akan dipajang di kelas masing-masing dalam Economic Display Competition.

Setiap perusahaan dalam 1 kelas, nantinya harus berkolaborasi dengan sesama perusahaan lainnya di kelas dalam Economic Display Competition. Setiap perusahaan harus membuat poster produk unggulan dan brand perusahaan masing-masing kemudian dikolaborasikan dengan hasil karya perusahaan lainnya untuk ditempel di kelas.

Setiap kelas bebas menentukan tema dan media (Boleh 2D dan 3D) dalam mendisplay poster perusahaan. Kriteria penilaian dalam Economic Display Competition ini adalah kreativitas, kerjasama tim, kelengkapan tim yang menempelkan poster, dan ketepatan waktu pengerjaan.

Berikut dokumentasi persiapan rencana bisnis beberapa tim siswa yang saya rekam :

Berikut ini dokumentasi Presentasi Tim dalam International Trade Project 71’18

 

Dokumentasi Economic Display Kelas XI MIPA 3, dan beberapa moment persiapannya :

Dokumentasi Economic Display Kelas XI IPS 1, dan beberapa moment persiapannya :

Dokumentasi Economic Display Kelas XI IPS 2, dan beberapa moment persiapannya :

Dokumentasi Economic Display Kelas XI IPS 3, dan beberapa moment persiapannya :

Dokumentasi Economic Display Kelas XI IPS 4, dan beberapa moment persiapannya :

And The Winner is..

XI IPS 4 : Best Team

XI IPS 2 : Runner Up Team

Partisipant : XI MIPA 3, XI IPS 1, XI IPS 3

Silahkan simpan Reward Badge masing-masing ya..

Selamat Berkompetisi dan Berkolaborasi dalam kenyataan ya 🙂

Indonesia, JUARA !!

Advertisements

Author:

# Economic Teacher at SMAN 71 Jakarta, # Single Parent Mom with 4 children, # Interest in reading and crafting, # Owner of RaQueeFA_House Bookstore,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s