Posted in My Family Project

My Family Project #1 ; Pizza Mozarella ala RaQueeFA

Alhamdulillah, akhirnya kami sampai pada hari H eksekusi Pizza Mozarella. Pagi ini saya belanja beberapa kebutuhan pelengkap untuk bahan baku bersama Farih. Mempraktekan ilmu dari Bu Nur Chasanah, dalam kuliah offline BunSay Level 2, bahwa anak laki-laki perlu juga dilatih multi tasking termasuk melakukan pekerjaan perempuan seperti berbelanja.

Jadi ingat almarhum suami yang piawai urusan seluk beluk pasar tradisional, ternyata karena sering mendampingi Ibu mertua ke pasar. Ketrampilan berbelanja suami saya ini sangat membantu, terutama saat tidak ada ART, saya tinggal tulis list belanjaan dan terima beres, Alhamdulillah..

Adapun baby Fatih, sedang sowan di rumah Bude lumayan memberikan waktu bagi kami untuk belajar dan menyelesaikan proyek pizza mozarella yang sudah direncanakan sejak jauh hari.

Pembuatan pizza dimulai dengan menyiapkan bahan di meja kerja. Bahan baku yang sudah tertata rapi akan memudahkan proses penyelesaiannya.

DSC_1679

Berikut tahapan pembuatan pizza mozarella :

  1. Keluarkan dough dari freezer, biarkan dalam susu ruang sekitar 15-20 menit.
  2. Membuat saus pizza (1 bh bawang bombay ditumis dengan Saus Bolognese dan ditaburi parutan keju cheddar).
  3. Menyiapkan topping pizza (Irisan sosis goreng, paprika merah yang diiris kotak kecil, keju mozarella, irisan keju quickmelt).
  4. Mengoleskan saus pizza diatas pizza dough.
  5. Menata topping pizza.
  6. Panggang dalam oven sekitar 25-30 menit dengan api sedang.
  7. Oleskan mayonese.

Berikut dokumentasi proses pembuatan Pizza Mozarella bersama RaQueeFA

Berhubung saat pembuatan pizza Mozarella ada sisa nasi di rice cooker yang sayang kalau tidak diolah maka sekalian lah kami membuat nasi panggang memanfaatkan saus bolognese dan sisaan bahan topping pizza. berikut tahapan pembuatan nasi panggang a la RaQueeFA :

  1. Tumis saus pizza dengan sosis goreng.
  2. Masukan sisa nasi dan goreng seperti membuat nasi goreng.
  3. Masukkan nasi goreng bolognese ke dalam alumunium cup.
  4. Taburi irisan keju Quick Melt.
  5. Panggang dalam oven sekitar 25-30 menit.

Adapun dokumentasi pembuatan Baked Rice a la RaQueeFA adalah sebagai berikut :

Ada beberapa kejadian menarik saat pembuatan Pizza Mozarella dan Baked Rice. Kejadian pertama adalah saat Salika rebutan dengan Haura dalam urusan memarut keju, awalnya Salika sempat ngambek dan masuk ke kamar padah Haura sudah sepakat bahwa keju akan dibagi dua dan mereka bergiliran memarutnya, namun Salika udah kadung Baper. Alhamdulillah setelah diajang diskusi Ia pun akhirnya mau terlibat lagi dalam proyek keluarga ini.

Sementara kejadian ke-dua adalah saat Farih juga heboh ingin ikut terlibat mengiris bawang bombay. Awalnya kami belum mau memberikan tugas ini pada Farih karena khawatir Ia malah teriris pisau namun karena Farih agak memaksa akhirnya, saya memberinya kesempatan untuk mengiris bawang bombay sebentar saja. Tapi ternyata akhirnya Farih menyerah juga karena matanya kepedesan, he..he..

Berikut dokumentasi yang dibuang, sayang..

Alhamdulillah, akhirnya proyek ini terselesaikan juga. Meski belum sempurna secara penampilan dan rasa, namun anak-anak sangat bahagia. Setelah masakannya jadi, mereka membawa makanan hasil karyanya ke panggung komplek dan makan bersama teman-teman kecil mereka usai sholat Dzuhur berjamaah di Masjid.

#AnnisaMirantyGumay

#TantanganHari4

#Level3

#MyFamilyProject

#KuliahBunSayIIP

Advertisements

Author:

# Economic Teacher at SMAN 71 Jakarta, # Single Parent Mom with 4 children, # Interest in reading and crafting, # Owner of RaQueeFA_House Bookstore,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s