Posted in Melatih Kemandirian Anak

The Power of Prayer

“Do’a adalah Senjata Orang Beriman!”

Kalau ditanya, apakah ada hubungan doa dengan melatih kemandirian anak, saya 100% yakin menjawab ADA!

Apa buktinya?

Seringkali saya merasa sudah berusaha maksimal dalam mendidik anak, terutama melatih kemandirian tapi kemajuan yang saya lihat sangat sedikit.

Belajar, latih, evaluasi, belajar lagi, ganti metode, latih, evaluasi, begitu..terus..
tapi kok ya.. hasilnya ya..segitu-segitu aja. Atau mungkin, sempat berhasil tapi eh, besoknya kok kumat lagi kebiasaan-kebiasaan anak yang belum mandiri.

Sampai pada satu titik, akhirnya saya menyerahkan urusan ini pada Alloh yang Maha Membolakbalikkan hati. Memohon pada Alloh setiap saat atas pendidikan, perlindungan, dan segala kebaikan untuk anak-anak. Ketika ihtiar telah ditempuh, saatnya mengiringi dengan tawakkal pada Alloh sebagai penutupnya.

Lalu tiba-tiba.. Anak-anak sukarela sholat tepat waktu, tiba-tiba.. Haura paham kapan harus mengerjakan PR dan menyiapkan perlengkapan sekolah secara mandiri di awal waktu, tiba-tiba Farih melaporkan barang-barang yang sudah Ia rapikan sendiri, atau Salika yang terlihat lebih PD dan tidak gampang Baper lebih dari sebelumnya..

DSC_1505

Sederhana, tapi amat berarti bagi saya. Saat memperhatikan bagaimana do’a bekerja, sungguh, ternyata saya menerima lebih dari apa yang saya harapkan sebelumnya.

Adalah sebuah do’a.. yang berulang-ulang saya ucapkan, setiap selesai sholat, setiap turun hujan, setiap saya merasa sedih.. terutama saat menghadapi masa sulit mendidik anak seorang diri.
“Semoga Alloh Kuatkan, Semoga Alloh Sabarkan, Semoga Alloh Mudahkan Saya dalam Meramut dan Mendidik Pejuang-Pejuang Peradaban..”

Mungkin do’a itu tidak serta merta dijawab sekarang, tapi yakinlah bahwa “Mengulang-ulang do’a itu seperti kayuhan sepeda, suatu saat Ia akan membawamu ke arah yang kamu tuju, maka sempurnakan lah do’a mu dengan Usaha, Syukur dan Sabar”

IMG_20170319_025423.JPG

#Tantangan10Hari
#Hari10
#Level2
#MelatihKemandirian
#KuliahBunSayIIP

 

Author:

# Economics Teacher at SMAN 71 Jakarta, # Single Mom of 4 children, # Interest in reading and writing

Leave a comment