Posted in Melatih Kemandirian Anak

Prerequisite

IMG_20170319_011405.JPGKata prerequisite (prasyarat) mengingatkan saya pada masa-masa kuliah, maupun tahapan belajar mengajar. Dalam kehidupan, ternyata banyak hal yang menjadi prasyarat untuk hal berikutnya.

Prasyarat ini lah yang membuat kita semestinya merenungi setiap tahap proses yang kita lalui, juga setiap tantangan dan masalah yang kita hadapi saat ini, karena bisa jadi, semua masalah yang kita hadapi saat ini adalah sebuah prasyarat untuk menguji kompetensi kita dalam menghadapi hal besar lain setelahnya.

Berkaitan dengan Melatih Kemandirian anak, saya jadi mengingat materi sebelumnya, yaitu Komunikasi Produktif.
Saya gagal memenuhi tantangan pada level ini. Jeleknya, ketika akhirnya menyerah pada tantangan kali ini, saya jadi kurang konsisten mengaplikasikan materi ini dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, Tantangan10Hari ini kan sebenarnya ibarat games bintang biru dan bebek manyun tempo hari. Challange ini adalah pengantar latihan konsistensi. Meski sudah lewat dari masa tantangan, akan sangat baik jika saya tetap berusaha konsisten melatih dan mengaplikasikan materi ini dalam keseharian.

Ketika memulai tantangan baru di level 2, saya baru lah menyadari bahwa ternyata,.. dalam melatih kemandirian anak akan jauh lebih efektif dan efisien jika saya bisa berkomunikasi secara produktif. Prerequisite kan?!

Saat mengevaluasi keberhasilan dan kegagalan saya di level ini, saya menemukan bahwa keberhasilan melatih kemandirian anak justru sering terjadi ketika saya memperhatikan diksi, bahasa tubuh dan ekspresi positif serta intonasi yang baik dalam mengkomunikasikan maksud dan instruksi saat melatih anak mandiri.

Dan sebaliknya, ketika saya tidak mampu mengendalikan emosi, salah memilih kata, serta menyampaikan instruksi/maksud dengan intonasi dan bahasa tubuh yang negatif, anak-anak cenderung mengabaikan atau malah memantulkan reaksi negatif atas perlakuan saya sebelumnya.

Catatan evaluasi materi level 2 hari ini adalah :
1. Latihlah kemandirian anak dengan melatih kemandirian dirimu terlebih dahulu.
2. Aplikasikan materi 1 dengan baik sebelum masuk ke materi 2.
3. Tantangan yang sebenarnya bukan hanya 10 hari melainkan setiap hari. Latihlah terus konsistensimu.. Makin Banyak Latihan = Makin Banyak Jam Terbang,Ingat Milestone di Kelas Matrikulasi!
4. Cepat bangkitlah ketika gagal dan segera buat strategi baru yang lebih baik. Jangan sampai mati dalam keadaaan berputus asa dari rahmat Alloh dan berhenti berusaha!

#Tantangan10Hari
#Hari9
#Level2
#MelatihKemandirian
#KuliahBunSayIIP

Advertisements

Author:

# Economic Teacher at SMAN 71 Jakarta, # Single Parent Mom with 4 children, # Interest in reading and crafting, # Owner of RaQueeFA_House Bookstore,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s