Posted in Matrikulasi IIP Jakarta Batch#2

Mendidik dengan Kekuatan Fitrah

4-fitrah-anak

NHW#4_Annisa M. Gumay_

 Setelah peserta Matrikulasi IIP Batch 2 memahami bahwa salah satu alasan kami melahirkan generasi adalah untuk membangun kembali peradaban dari dalam rumah, maka semakin jelas di depan mata kami, ilmu-ilmu apa saja yang perlu kami kuasai seiring dengan misi hidup kami di muka bumi ini.

Minimal, sekarang kami akan memiliki prioritas ilmu-ilmu apa saja yang harus dikuasai pada tahap awal, segera jalankan, dan setelah itu tambah ilmu baru lagi.

Bukan teman belajar kami di IIP selama ini, maupun para ahli parenting lain yang akan menentukan tahapan ilmu yang harus kami kuasai, melainkan DIRI KAMI SENDIRI.

Apakah mudah? TIDAK.

Tapi yakinlah bahwa kita bisa membuatnya menyenangkan.

Jadilah diri sendiri, jangan hiraukan pendapat orang lain.

Jangan silau terhadap kesuksesan orang lain.

bee ur self.jpg

Mereka semua selalu berjalan dari KM 0, maka mulai tentukan KM 0 perjalanan kita tanpa rasa “galau”.

milestone-india

Salah satu sumber kegalauan diri kita menjalankan hidup adalah karena kita tidak berusaha memahami terlebih dahulu apa “misi hidup” kita sebagai individu dan apa “misi keluarga” kita sebagai sebuah komunitas terkecil. Sehingga semua ilmu kita pelajari dengan membabi buta, dan tidak ada yang dipraktekkan sama sekali. Semua seminar dan majelis ilmu offline maupun online kita ikuti, karena kekhawatiran tingkat tinggi akan ketertinggalan ilmu kekinian, tapi tidak ada satupun yang membekas menjadi jejak sejarah perjalanan hidup anda.

Bagi yang sudah menemukan misi hidup dan misi keluarga serta sudah menuliskannya besar-besar di dinding kamar, janganlah anda biarkan Ia menjadi jadi pajangan saja. Agar tidak terjadi “tsunami informasi” yang akan menambah ketidakyakinan kita kepada “kemampuan fitrah” kita dalam mendidik anak-anak. JUST DO IT. Lakukan saja meskipun belum paham, karena Allah lah yang akan memahamkan anda lewat laku kehidupan kita.

just do it.jpg

 NHW#4 membantu saya meresume tahapan yang harus saya lakukan sebelum membuat Costumized Curriculum untuk anak-anak.

success-milestone-positive-graph-blank-blackboard

Berikut detailnya :

1. Jurusan Ilmu yang ingin di kuasai : Ibu, Pendidik Peradaban

2. KM 0 dimulai 24 Desember 2016.

3. Investasi waktu 2 jam/hari (pukul 02.00-04.00)

  1. Ada planning bulanan dengan checklist yang dicicil harian
  2. 02.00-02.30 refleksi aktivitas, membuat jurnal harian dan men-check list pencapaian yang sudah terlaksana
  3. 02.30-03.30 membaca (sumber bacaan sudah disiapkan)
  4. 03.30-04.00 membuat planning kegiatan esok hari

4. Perjalanan waktu belajar yang akan saya tempuh :

  • KM 0 – KM 1 = Bunda Sayang ( 5 tahun)
  • KM 1 – KM 2 = Bunda Cekatan (5 tahun)
  • KM 3 – KM 4 = Bunda Produktif ( 5 tahun)
  • KM 4 – KM 5 = Bunda Shaleha ( 5 tahun)

5. Detail materi dalam 1 KM

# KM 0 – KM 1 = Bunda Sayang

  1. Komunikasi produktif
  2. Memandu kemandirian anak di rumah
  3. Melejitkan kecerdasan emosi dan spiritual anak
  4. Memahami gaya belajar anak
  5. Mendidik anak suka membaca dan menulis
  6. Mendidik anak menyukai matematika
  7. Semua anak adalah bintang
  8. Mendidik anak cerdas finansial sejak dini
  9. Memacu kreativitas anak sejak dini
  10. Membangun karakter anak lewat dongeng
  11. Mengenalkan pendidikan seks secara tepat dan benar sejak dini
  12. Keluarga multimedia, menbangun kebersamaan melalui teknologi.

# KM 1 – KM 2 = Bunda Cekatan

  1. Learn how to learn
  2. Mind Mapping
  3. Manajemen waktu
  4. Manajemen menu 10 hari
  5. Menata rumah dengan konsep 5R (Membuat rumah serasa hotel bintang 5)
  6. Emergency first
  7. Safety walking, riding and driving
  8. A Home Team
  9. Meraih mimpi menata masa depan
  10. Public speaking
  11. Personal Grooming
  12. Table manners for kids

# KM 2 – KM 3 = Bunda Produktif :

Menjadi bermanfaat tanpa mengabaikan peran Ibu sebagai Pendidik Pertama dan Utama Keluarga.

 # KM 3 – KM 4 = Bunda Sholehah

Menjadi Agent of CHANGE

6. Sumber belajar :

  1. Buku Bunda Sayang, IIP
  2. Buku Bunda Cekatan, IIP
  3. Buku Bunda Produktif, IIP
  4. Buku FBE, Harry Santosa
  5. Buku Teh Patra
  6. Buku Teh Kiki Barkiah
  7. Buku Bunda Kaska
  8. Buku ELMM, Tazkia

7. PROGRAM AKSELERASI

  1. Menambah Jam Terbang

# Fokus mengaplikasikan ilmu yang telah didapat secara One Bite at a Time secara KONSISTEN.

  1. Membeli jam terbang ;

# Mengikuti workshop dan pelatihan yang berkaitan dengan ilmu “Ibu, Pendidik peradaban” 

   Disesuaikan waktu dan tempat agar tidak mengganggu aktivitas pengasuhan anak.

  1. Mencari Mentor Hidup yang bersedia memandu dengan konsisten agar anda mencapai sukses dengan lebih cepat lagi.

# Bergabung dengan komunitas-komunitas yang menginspirasi kebaikan dalam hidup saya, memberi saya ilmu, pengalaman, support, dan role model untuk berubah kearah yang lebih baik.

Tentang Customized Curriculum…

 Ada satu kurikulum pendidikan yang tidak akan pernah berubah hingga akhir zaman, yaitu

PENDIDIKAN ANAK DENGAN KEKUATAN FITRAH

fitrah-and-guilt

  1. Bersihkan hati nurani anda, karena ini faktor utama yang menentukan keberhasilan pendidikan anda.children-learn-more
  2. Gunakan Mata Hati untuk melihat setiap perkembangan fitrah anak-anak. Karena sejatinya sejak lahir anak-anak sudah memiliki misi spesifik hidupnya, tugas kita adalah membantu menemukannya sehingga anak-anak tidak akan menjadi seperti kita, yang telat menemukan misi spesifik hidupnya.maya-angelou_care-for-someone-else.jpg
  3. Pahami Fitrah yang dibawa anak sejak lahir itu apa saja. Mulai dari fitrah Ilahiyah, Fitrah Belajar, Fitrah Bakat, Fitrah Perkembangan, Fitrah Seksualitas dll.fitrah-fbe
  4. Upayakan proses mendidik yang sealamiah mungkin sesuai dengan sunatullah tahap perkembangan manusia. Analogkan diri anda dengan seorang petani organik.

fitrah2

5.  Selanjutnya tugas kita adalah MENEMANI, sebagaimana induk ayam mengerami telurnya dengan merendahkan tubuh dan sayapnya, seperti petani menemani tanamannya. Bersyukur atas potensi dan bersabar atas proses. Semua riset tentang pendidikan ternyata menunjukkan bahwa semakin berobsesi mengendalikan, bernafsu mengintervensi, bersikukuh mendominasi dsbnya hanya akan membuat proses pendidikan menjadi semakin tidak alamiah dan berpotensi membuat fitrah anak anak kita rusak.

happiness is a journey.JPG

Manfaatkan momen bersama anak-anak, bedakan antara WAKTU BERSAMA ANAK dan WAKTU DENGAN ANAK. Bersama anak itu anda dan anak berinteraksi mulai dari hati, fisik dan pikiran bersama dalam satu lokasi. Waktu dengan anak, anda dan anak secara fisik berada dalam lokasi yang sama, tapi hati dan pikiran kita entah kemana. Rancang program yang khas bersama anak, sesuai dengan tahap perkembangannya, karena anak anda “very limited special edition”

MENDIDIK bukanlah menjejalkan, mengajarkan, mengisi dan sebagainya tetapi PENDIDIKAN, sejatinya adalah proses membangkitkan, menyadarkan, menguatkan fitrah anak kita sendiri.

Lebih penting mana : Membuat anak bergairah belajar dan bernalar atau menguasai banyak pelajaran?

Lebih penting mana Membuat mereka cinta buku atau menggegas untuk bisa membaca?

 Jika mereka sudah cinta, ridha, bergairah maka mereka akan belajar mandiri sepanjang hidupnya.

roots-and-wings

 Saat ini saya sedang berusaha menyusun Customized Curriculum untuk keempat anak saya. Rujukan saya adalah Framework Fitrah Based Education yang saya adopsi dari buku FBE Pak Harry Santosa. Semoga Alloh mudahkan proses penyelesaiannya.

buku-fbe-harry-santosa

framework-fbe-2

Referensi  :

_Irawati Istadi, Mendidik dengan Cinta, Jogjakarta, 2013_

_Harry Santosa dkk, Fitrah Based Education, Jakarta, 2016_

_Antologi, Komunitas Ibu Profesional, Bunda Sayang, Surakarta, 2014_

_Materi Matrikulasi sesi #3, Membangun Peradaban dari Dalam Rumah, 2016_

_REVIEW NICE HOMEWORK #4_ Tim Matrikulasi IIP Batch 2, 2016_

 

Advertisements

Author:

# Economic Teacher at SMAN 71 Jakarta, # Single Parent Mom with 4 children, # Interest in reading and crafting, # Owner of RaQueeFA_House Bookstore,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s